Pemkot Mataram Tingkatkan Akses Kesehatan Lewat Integrasi Layanan Primer
2 months ago

Pemkot Mataram Tingkatkan Akses Kesehatan Lewat Integrasi Layanan Primer

 

Mataram — Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan diresmikannya program Integrasi Layanan Primer (ILP) oleh Pjs Wali Kota Mataram, Tri Budiprayitno, yang berlangsung di Puskesmas Cakranegara, pada Selasa (15/10/2024).

Dalam sambutannya, Pjs Wali Kota Mataram, Tri Budiprayitno, menegaskan bahwa program Integrasi Layanan Primer ini merupakan wujud nyata dari upaya pemerintah kota untuk menghadirkan pelayanan kesehatan yang lebih mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Ia menjelaskan bahwa program ini merupakan langkah penting dalam mencapai standar pelayanan kesehatan sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP).

“Kegiatan ini adalah bukti nyata komitmen kita untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih mudah diakses oleh seluruh masyarakat, sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan. Kami ingin memastikan bahwa setiap warga Mataram bisa mendapatkan layanan kesehatan terbaik di setiap fasilitas kesehatan yang ada”. Ujar Tri Budiprayitno.

Lebih lanjut, Tri Budiprayitno menjelaskan bahwa Integrasi Layanan Primer bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang komprehensif di tingkat dasar. Program ini akan menghubungkan layanan di Puskesmas, Puskesmas Pembantu, dan Posyandu yang selama ini menjadi garda terdepan dalam penanganan kesehatan masyarakat.

“Dengan adanya ILP, semua layanan ini akan semakin terhubung dan terpadu, sehingga masyarakat bisa mendapatkan akses layanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif secara lebih efektif dan efisien”. Tambahnya.

Pjs Wali Kota juga menekankan bahwa integrasi ini tidak hanya mempercepat akses masyarakat terhadap layanan kesehatan, tetapi juga meningkatkan kualitas pelayanan yang sesuai dengan standar nasional yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

“Melalui integrasi ini, saya berharap kualitas pelayanan kesehatan menjadi lebih merata. Tidak ada lagi perbedaan layanan antara Puskesmas, Puskesmas Pembantu, maupun Posyandu. Masyarakat di seluruh wilayah Kota Mataram bisa mendapatkan pelayanan yang sama baiknya dengan dukungan sistem informasi kesehatan yang terintegrasi dan mutakhir. Saya juga mengajak seluruh tenaga kesehatan di Kota Mataram untuk terus berinovasi dan menjaga semangat dalam melayani masyarakat”. Pungkasnya.

Menutup penyampaiannya, Tri Budiprayitno menambahkan sentuhan humor dengan sebuah pantun yang menghibur: “Pak Malik jualan tas, Pak Dayat jualan tengkura, Pelayanan publik harus berkualitas, Agar rakyat makin sejahtera.” Tutup Pjs Wali Kota Mataram, Tri Budiprayitno, yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari seluruh hadirin.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, Dr. H. Emirald Isfihan, turut menjelaskan bahwa peluncuran program ILP ini bertujuan untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat serta memperkuat upaya layanan promotif dan preventif.

“Program ini difokuskan untuk meningkatkan layanan promotif dan preventif, sesuai dengan tugas pokok kami di Dinas Kesehatan, dalam rangka memperkuat upaya pencegahan, deteksi dini, promosi kesehatan, serta pembangunan infrastruktur yang mendukung pelayanan kesehatan. Kami juga akan memperhatikan kelengkapan sarana prasarana dan penguatan sumber daya manusia serta manajemen”. Terang Dr. Emirald.

Dengan adanya program Integrasi Layanan Primer ini, Pemerintah Kota Mataram berharap pelayanan kesehatan di Kota Mataram akan semakin baik dan merata di semua lapisan masyarakat.(TK-Diskominfo)

 

Related Posts

Recent Posts

Categories

Search