Monev SP4N Lapor
Kepala Diskominfo : Pelayanan Publik sebagai Ujung Tombak Kepercayaan Masyarakat
Pelayanan publik merupakan ujung tombak dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Oleh karena itu, kualitas pelayanan publik perlu terus dievaluasi dan ditingkatkan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa, dalam pembukaan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pengaduan Aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Lapor, yang berlangsung di Ruang Kenari II, Kantor Wali Kota Mataram, pada Senin (09/12/2024).
“Diera sekarang ini pelayanan publik merupakan panglima bagi kita yang berada di pemerintahan, yang menajdi sebuah tema besar, sebab berkaitan dengan kepercayaan masyarakat dengan kinerja pemerintah”. Ucap I Nyoman Suwandiasa.
Lebih lanjut, Kepala Diskominfo Kota Mataram tersebut menggambarkan korelasi antara pelayanan publik dan pengaduan. I Nyoman Suwandiasa menjelaskan bahwa pengaduan adalah pilar utama untuk peningkatan pelayanan publik.
“Saya banyak membaca referensi dari tokoh-tokoh dunia, salah satunya Presiden Amerika Serikat ke 44 yaitu Barack Hussein Obama yang mengatakan bahwa ‘pemerintahan yang mendengarkan suara rakyatnya adalah pemerintah yang membangun kepercayaan dan akuntabilitas’, kemudian senada dengan yang disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat ke 26, Theodore Roosevelt Jr, beliau mengatakan bahwa ‘keluhan adalah asset yang terbesar dari organisasi, itu adalah suara Masyarakat yang harus didengarkan untuk membuat sebuah kemajuan’”. Jelasnya mengutip kedua tokoh dunia tersebut.
I Nyoman Suwandiasa menambahkan, kegiatan Monev SP4N Lapor ini menjadi momentum penting bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan pengelolaan pengaduan masyarakat secara lebih baik.
“SP4N Lapor adalah satu-satunya kanal aplikasi pengaduan masyarakat yang disediakan oleh pemerintah pusat untuk digunakan pemerintah daerah. Oleh karena itu, pengelolaan aplikasi ini harus terus dimaksimalkan agar kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik semakin meningkat:. Tutup Kepala Diskominfo Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa.
Monev (SP4N) Kota Mataram dihadiri oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP), Nurmila A, Pejabat Fungsional Diskominfo Kota Mataram, Nining Sulistiningsih serta para pejabat penghubung SP4N Lapor dari Orgaisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Mataram, Kecamatan dan Kelurahan.